Imut B 009 468x60

22 Juli 2009

Indosat Pelopor Layanan Komunikasi Udara

Aeromobile adalah penyedia jasa layanan komunikasi di udara, yang berasal dari Inggris. Teknologi ini sudah diperkenalkan secara komersial sejak April 2007 yang disediakan oleh maskapai penerbangan Qantas Australia, dengan meluncurkan in-fligt mobile technology.

Untuk di Indonesia, Indosat menjadi operator pertama yang menyediakan layanan ini pada penerbangan komersial, yaitu pada maskapai Emirates Airlines dan Malaysia Airlines. Akan menyusul di maskapai Saudi Arabian Airlines, Virgin Australia Airlines dan Qantas Airways. Tidak menutup kemungkinan layanan ini akan ada di penerbangan domestik kalau ternyata memang banyak peminatnya.
Untuk sementara hanya pelanggan Matrix yang bisa menggunakan layanan ini. Namun pengguna IM3 dan Mentari juga dapat menikmati layanan itu dalam waktu dekat.

Karena pengadaan layanan ini memerlukan dana cukup besar, maka tarif komunikasi di udara ini memang cukup mahal jika dibandingkan dengan komunikasi di darat. Untuk layanan suara, tarifnya Rp 55.000/menit untuk panggilan keluar maupun menerima panggilan. Sementara untuk SMS dikenai tarif Rp 13.000/sms. Sedangkan untuk akses data sebesar Rp350/KB.

Layanan ini dapat digunakan ketika pesawat sudah berada di ketinggian 5000 meter. Pada saat itu sistem akan membuka layanan (welcome service). Sedangkan pada saat hendak mendarat, sistem akan secara otomatis menonaktifkan layanan. Ketinggian 5000 meter dinilai sebagai jarak aman. Karena pada ketinggian di bawah 5000 meter ponsel masih mencari sinyal dari BTS yang ada di darat, sehingga mengganggu sistem navigasi pesawat.

Indosat sendiri mengklaim telah mengembangkan dan melakukan ujicoba selama lebih dari 2 tahun yang lalu. Meski telah diujicoba, mungkinkah kita merasa nyaman jika melihat penumpang disebelah kita sedang berhalo-halo ria dengan handphonenya? Di situsnya, mereka pun menyarankan supaya tidak berbicara terlalu keras pada saat menelpon, dengan alasan mikrofon handphone sudah cukup sensitif. Himbauan lainnya seperti menggunakan handsfree, mengeset handphone dalam keadaan silent, mencari tempat lain selain di tempat duduk, serta mempertimbangkan untuk menggunakan layanan SMS daripada layanan suara.

Sumber : Okezone

0 comments:

Posting Komentar