Imut B 009 468x60

03 Agustus 2009

Software Pengukur Kecepatan Flashdisk

Sebagian besar Flashdisk yang beredar dipasaran sudah mengadopsi versi USB 2.0 yang dirilis pertama kali pada tahun 2000. Dimana kecepatan transfer data maksimum yaitu 480 Mbps (=60 MB/s). Versi 2.0 ini disebut sebagai Hi-Speed USB. Karena jika dibandingkan dengan versi sebelumnya (USB 1.1) kecepatan transfer data sudah meningkat 40xlipat yang sebelumnya hanya 12 Mbps. Tapi kenyataannya kecepatan tersebut sulit sekali dicapai, efektifnya hanya bisa sampai 320 Mbps/ 40 MBps.


Untuk mengecek kecepatan transfer data biasanya digunakan software benchmark, dan beberapa software tersebut yang disediakan secara gratis adalah Crystal DiskMark dan HD Speed.


Photobucket

Crystal Diskmark mempunyai tampilan sederhana dan mudah digunakan bagi yang awam sekalipun. Jenis tes yang dapat dilakukan Crystal Diskmark antara lain proses baca dan tulis secara berulang dalam beberapa tahap atau proses baca dan tulis secara acak 4KB/ 512KB, dan proses penyalinan teks.
Hasil tes ditampilkan dalam bentuk angka dan grafik (bar) yang cukup besar dalam satuan MB/s. Tidak hanya Flashdisk saja yang bisa diuji, kecepatan transfer data pada harddisk juga bisa dites dengan software ini.
Aplikasi ini bersifat portable dan kompatibel dengan Windows 7/2008/Vista/2003/XP/2000/NT4/Me/98, serta tersedia pula untuk versi 64-bit Windows Vista/2003/XP. Ukuran filenya tidak terlalu besar, hanya 643kB(zip).


Photobucket

HD Speed juga merupakan software gratis, bisa digunakan pula untuk mengukur kecepatan transfer data pada media penyimpanan seperti harddisk, CD/DVD-ROM, floppy disk, dan kartu flash. Jadi aplikasi ini mendukung format penyimpanan data FAT dan NTFS pada sistem operasi WinNT4, Win2000, WinXP, Win2003, dan WinVista.
Aplikasi ini mempunyai ukuran yang sangat kecil, 80 KB. Dan bisa langsung dijalankan. Langkah-langkahnya hampir sama, pilih media yang akan diuji, dan klik Start. Hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk grafik, serta dapat menampilkan error jika ditemukan pada saat pengujian.

Sumber: aerialsky

0 comments:

Posting Komentar